Kamis, 09 September 2010

Mengapa Orang Indonesia Sering Pulang Kampung (Mudik) Saat Lebaran?

Menurut pendapat saya/para ahli (tapi bohong), orang Indonesia pulang kampung pada saat lebaran mungkin dengan alasan :

1. Libur umum yang terpanjang hanya saat lebaran
Pegawai negeri (kecuali guru) limit liburnya kecuali lebaran. Indonesia tidak seperti luar negeri yang beriklim subtropis. Mereka liburan musim panas, dingin juga. Meski jam kerjanya sangat padat di hari biasa, tetapi saat liburan benar benar enjoy. Liburan panjang bisa untuk mudik, bisa untuk tamasya ke luar negeri juga. Nah, menurut pendapat saya nih orang negara maju pintar karena liburnya panjang hehehe.

2. Sungkem Pada Orang Tua
Nah kebiasaan orang - orang pada umumnya itu adalah meminta maaf saat lebaran. Padahal kan tidak hanya saat lebaran. Lebaran sungkem  terharu hingga menangis. Ada pula yang bersikeras gengsi untuk menangis hingga menahan air mata serta air mata itu mengalir melalui hidung seperti ingus.

3. Ngobrol  dengan Saudara (Silaturahmi)
Semua pada kumpul sehingga semua berkumpul. Mungkin kangen masa lalu. Saudara ipar yang tak besar disitu ada dua ketawa ketiwi yaitu :
1. ketawa ketiwi saling tukar pengalaman.
2. ketawa ketiwi kesal karena tidak nyaman dengan saudara ipar.

4. Jalan - jalan
Berhubungan dengan yang nomor satu. Rekreasi ke kampung halaman dengan liburan yang seminim itu (mungkin hanya seminggu atau 2minggu) agar tidak jenuh. Menurut pendapat saya, setiap tahun hanya piknik di daerah situ - situ melulu adalah menjemukan sehingga mungkin ada protes dari anak - anak pemudik hingga kadang terjadi demo putra putri atau tragedi tangis anak - anak untuk rekreasi.

Nah ada pula alasan yang 100% ngarang...

5. Nonton Macet
Orang ndeso pengen lihat macet.

6. Berpetualang
Orang yang imajinasinya tinggi memanfaatkan kesempatan mudik sembari untuk berpetualang. Misal : mudik dari Jakarta ke Semarang lewat Kalimantan bahkan lewat Afrika.


7. Akting
Akting? Misal saja akting untuk menghibur diri saat jemu di terminal ato stasiun ato bandara ato pelabuhan. Akting ini dibuat oleh satu keluarga kecil bapa ibu anak. Si bapa pura2 jadi copet, ambil dompet istrinya. Sebelum dihajar masa, anaknya menasihati ayahnya dengan lagak sok pahlawan. Hahaha (ngawur bgt)


8. Cari Duit
Mudik ke kampung bawa hamburger atau pizza atau makanan barat lainnya dan dijual di kampung. Mungkin anak2 ndeso pada tertarik untuk mencoba :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar